Home / Business / 12 Tips Trik Lulus Tes CPNS 2021, ini yang Harus Anda Siapkan

12 Tips Trik Lulus Tes CPNS 2021, ini yang Harus Anda Siapkan

webCPNS.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan segera dibuka di tahun 2021 ini. Informasi mengenai kapan waktu pembukaan akan diumumkan di akhir bulan Mai 2021. Sambil menunggu, simak 12 tips trik sukses lolos CPNS 2021 berikut ini.

Bagi yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mempersiapkan mengikuti seleksinya mulai sekarang. Pasalnya untuk sukses lolos dari seleksi CPNS 2021 harus bersaing dengan banyak pelamar di seluruh Indonesia.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS 2021, simak 12 tips sukses lolos CPNS yang telah dirangkum berikuti ini.

1. Berlatih soal-soal CPNS

Untuk sukses lolos seleksi CPNS diharuskan untuk mempersiapkan jauh-jauh hari dengan melakukan latihan soal – soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Calon peserta dapat mempelajari soal – soal CPNS terdahulu karena soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

2. Mengukur Kemampuan Anda Lulus Tes SKD

Paling pertama adalah mengukur kemampuan dalam mengerjakan soal-soal seleksi kompetensi dasar (SKD). Hal ini amat penting sebab akan berkaitan dengan pilihan instansi. Cara mengetesnya mudah. Anda bisa berlatih tes SKD di webCPNS.com untuk melihat hasil scor SKD anda.

Anda juga dapat mengikuti lomba Tryout CAT SKD secara nasional di webCPNS.com untuk mengukur seberapa besar peluang Anda lulus dibandingkan peserta lainnya.

3. Petakan hasil SKD CPNS tahun lalu (CPNS 2019 dan CPNS 2020) di instansi yang anda incar

Bagian ini sebenarnya mengawinkan antara hasil tes SKD anda berdasarkan soal-soal dari buku tes CPNS dengan hasil real nilai para peserta yang lolos di SKD CPNS 2019 atau CPNS 2020.

Mengapa harus begitu? Sebab sebenarnya nilai para pendaftar CPNS di tiap instansi dari tahun ke tahunnya cenderung berada di level yang sama.

Beberapa instansi dengan nilai SKD yang tinggi ada di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Pemprov DKI, Pemkot Bandung, dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Nah, tugas anda adalah mencari ada di level mana nilai SKD anda.

Apabila nilai SKD anda jauh dari level nilai peserta CPNS 2019 atau CPNS 2020 di instansi yang anda incar, sebaiknya pikir dua kali untuk melamar disana. Sebab artinya kemungkinan anda gugur di tes SKD akan amat besar.

Ingat tahun 2019 dan 2020 diberlakukan syarat bahwa mereka yang lolos dari tes SKD jumlahnya hanya 3 kali dari jumlah formasi yang akan diterima menjadi CPNS di tiap jabatan.

Jadi jika hanya ada 3 kursi yang akan diterima, maka yang lolos tes SKD untuk ikut tes berikutnya hanya ada 6 orang.

Saran Warta Kota, anda jangan jadi orang ke-6. Hal itu akan menyulitkan anda ketika seluruh nilainya nanti diakumulasikan.

Anda punya kemungkinan gugur lebih besar apabila jadi orang ke-6 yang lolos tes SKD atau orang terakhir. Maka jadilah orang ketiga apabila jumlah yang akan diterima 3 orang.

Apabila jumlah yang diterima 1, maka jadilah yang pertama di SKD. Jangan jadi orang ketiga yang lolos tes SKD.

4. Pelajari Materi SKB dari Sekarang

Apa pentingnya memantapkan pilihan formasi dari sekarang?

Jawabannya adalah agar bisa menyiapkan belajar materi SKB dari sekarang. Banyak orang menyebut bahwa yang penting lolos SKD dulu. Namun, jangan salah, setelah kalian lolos SKD, maka SKB jadi masalah selanjutnya.

Dan banyak peserta CPNS tidak siap ketika dihadapkan dengan materi SKB. Itulah mengapa kalian harus memantapkan formasi apa yang akan dipilih pada CPNS 2021 dari sekarang.

Dengan begitu kalian dapat mencari kisi-kisi materi SKB dari sekarang.

Ingatlah bahwa nilai SKB memiliki bobot 60 persen saat akumulasi nilai SKD dan SKB. Sehingga memenangkan SKB mutlak harus dilakukan apabila ingin lolos CPNS 2021.

Pada akhirnya dengan mengetahui formasi jabatan sejak dini, calon peserta juga dapat menilai dirinya bisa lolos atau tidak.

Sebab dia bisa melakukan latihan soal, dan mencocokannya dengan hasil SKB di instansi dan formasi jabatan yang ingin ia pilih.

Sebenarnya ada beberapa keuntungan apabila kita memilih formasi yang masih cukup jarang materinya di internet.

Hal itu membuat formasi tersebut jadi gelap dari informasi materi SKB, sehingga pada akhirnya nilai para peserta tidak terlalu tinggi.

Sementara itu, Jika memilih formasi yang materinya sudah banyak di internet, maka para pesertanya dari tahun ke tahun akan cenderung memiliki nilai SKB yang tinggi.

Jadi, pilihkan formasi dari sekarang.

5. Memilih Formasi Jabatan

Lalu bagaimana memilih formasi jabatan.

Beruntung sscn.cpns.go.id membuat fitur yang baik untuk membantu para pelamar.

Kita bisa memantau jumlah pelamar di setiap formasi jabatan.

Artinya anda bisa berselancar melihat-lihat di setiap formasi jabatan untuk menentukan pilihan sambil melihat calon rival saat tes SKD.

Sebaiknya manfaatkan sampai hari terakhir, teruslah memantau formasi jabatan yang anda incar.

Lihat jumlah pelamarnya dari hari ke hari.

Apabila formasinya yang akan diterima ada 3, dan pendaftarnya hanya 20, segeralah ambil formasi jabatan itu.

Tapi apabila formasi jabatannya 1 dan pelamarnya sudah 40 atau 50 orang, maka pertimbangkan ulang.

Car pertimbannya adalah dengan melihat nilai simulasi SKD anda, dan bandingkan dengan nilai tertinggi di tes SKD CPNS 2018 di formasi tersebut.

Cara mencarinya mudah, bukan website instansi tersebut, carilah disana berkasnya. Pasti ada.

6. Mengenali kisi-kisi dan materi CPNS

Selalu update mengenai kisi – kisi dan materi CPNS dari tahun sebelumnya. Materi CPNS banyak sekali dijumpai melalui buku-buku dan aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

7. Selalu update mengenai informasi Seleksi CPNS (Tahapan Seleksi dan Pendaftaran)

Selalu cek informasi seputar seleksi CPNS seperti informasi pendaftaran, pemberkasan, dan informasi formasi instansi yang diinginkan dan sesuai dengan bidang kemampuan.

Pastikan seluruh berkas valid dan tepat dalam pemilihan formasi yang diinginkan. Jangan sampai salah memilih formasi yang sesuai dan berkas tidak mendukung.

8. Teliti

Saat mengerjakan soal – soal SKD dan SKB, peserta harus selalu teliti dalam mengerjakannya. Sebab banyak sekali pertanyaan – pertanyaan menjebak dengan jawaban yang satu sama lain hampir mirip. Apabila tidak teliti, bisa aja hasil mengerjakan tes tidak akan maksimal.

9. Memperhatikan waktu mengerakan

Saat mengerjakan soal tes, tidak hanya tepat dalam menjawab soal-soal, namun harus cepat. Selalu perhatikan waktu dalam mengejakan soal tesnya.

Jangan sampai memakan waktu lama dalam mengerjakan soal dalam jenis soal tertentu yang sulit untuk dikerjakan yang menyebabkan tidak cukup waktu untuk mengerjakan keseluruhan soal.

10. Mengerjakan dengan tenang

Kerjakan soal dengan tenang dan tidak gugup karena gugup akan menyebabkan hilangnya konsentrasi yang mengakibatkan mengerjakan soal tidak maksimal

11. Pahami kondisi lokasi tes

Datang lebih awal ke lokasi tes CPNS dapat menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terkena kemacetan, tersesat menuju lokasi, dan kendala terhadap kendaraan yang digunakan untuk menuju lokasi. Datang lebih awal agar kondisi lebih tenang dan akan lebih siap untuk mengerjakan seluruh soal tes CPNS

12. Selalu doa dan meminta restu orangtua

Doa merupakan kunci keberhasilan selain berjuang dengan sekuat tenaga. Selalu berdoa untuk meminta kemudahan dalam mengerjakan soal dan juga meminta doa restu kepada orangtua, saudara dan keluarga.

Itulah 12 tips sukses lolos CPNS 2021, selamat mencoba dan jangan menyerah!

About admin@webcpns.com

Check Also

A Skin Cream That’s Proven To Work

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *